Tutorial Menggunakan Redirect Dengan Htaccess

  Bartes Dwiky
  2020-04-28 12:16:53 WIB
 Online : 2

Sebelum Kalin memulai melakukan penyuntingan terhadap file .htaccess pada website Kalian, hal utama yang paling penting adalah melakukan pengunduhan dari copy-nya ke komputer atau PC Kalian sebagai backup. Nantinya file ini akan bermanfaat ketika terjadi suatu masalah pada aktivitas modifikasi Kalian. 

 

Setelah berhasil menemukan file tersebut, kini Kalian bisa mulai melakukan redirect halaman-halaman di website Kalian. Ada beberapa cara yang bisa Kalian lakukan seperti berikut ini:

 

1. REDIRECT DARI WWW KE NON WWW

Untuk malakukan hal ini, yang Kalian lakukan adalah dengan menambahkan baris perintah superti berikut pada .htaccess Kalian :

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www.namadomainkalian.com$RewriteRule ^/?$ “http://namadomainkalian.com/” [R=301,L]

 

2. REDIRECT DARI NON WWW KE WWW

Kalian yang ingin melakukan redirect melalui non-www ke www, maka yang Kalian bisa menambahkan baris perintah berikut pada .htaccess Kalian :

RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www.namadomainmu.com$ [NC]RewriteRule ^(.*)$ http://www.namadomainmu.com/$1 [L,R=301]

 

3. REDIRECT HALAMAN A KE HALAMAN B

Selain melalui WWW, Kalian juga dapat melakukan redirect dari satu halaman ke halaman lain. Misalnya, ketika Kalian memiliki URL (hanya sebagai contoh saja) https://www.hellcatindonesia.net/judul-artikel-satu. Kemudian Kalian ingin mengarahkan pengunjung dari halaman tersebut ke halaman lain, misalnya https://www.hellcatindonesia.net/judul-artikel-dua. Maka cara yang bisa Kalian lakukan adalah dengan melakukan  redirect dengan seperti berikut ini :

RedirectMatch 301 /blog/(.*) https://www.websiteanda.com/$1

Sebaliknya jika Kalian ingin melakukan redirect dari (sebagai contoh saja) https://www.websiteanda.com ke https://www.websiteanda.com/blog,  maka Kalian dapat melakukan redirect menggunakan perintah seperti berikut :

RedirectMatch ^/$ https://www.websiteanda.com/blog

 

4. REDIRECT 301

Hal yang membedakan antara Redirect dan RedirectMatch adalah bahwa Redirect hanya menggunakan pola tunggal yang berarti akan melakukan direct ke seluruh URL. Sedangkan RedirectMatch akan melakukan redirect sesuai dengan pola yang Sudah ditentukan. Sebagai contoh misalnya, redirect/blog dan seterusnya. 

 

Dengan file htaccess juga bisa melakukan redirect 301 atau redirect permanen dari suatu domain ke domain lain. Redirect juga akan members tahu pengunjung sekaligus mesin pencari bahwa sebuah halaman telah dipindahkan/diarahkan ke halaman lain pada domain yang berbeda. 

 

Untuk memulainya Kalian bisa melakukan perintah seperti berikut ini :

RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domainlama.com [NC,OR]RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www.domainlama.com [NC]RewriteRule ^(.*)$ http://domainbaru.com/$1 [L,R=301,NC]

 

Dengan empat metode .htaccess redirect di atas akan sangat membantu Kalian dalam mengarahkan URL yang mengalami broken link atau link tidak terpakai ke halaman yang benar. Apapun cara yang Kalian pakai semoga bisa memilih yang paling tepat. Cara melakukan redirect menggunakan htaccess memang penting untuk Anda pelajari khususnya bagi Kalian yang ingin mengembangakan website.

Youtube New Post