Pesan berbentuk bendera Italia bisa sebabkan iOS crash

  Bartes Dwiky
  2020-04-26 01:52:16 WIB
 Online : 1

Pengguna Iphone tampaknya harus kembali berhati-hati terhadap pesan teks yang diterimanya. Pasalnya kabar terbaru menyebutkan kalau sebuah string kembali muncul dalam pesan teks yang dapat membuat perangkat dengan sistem operasi IOS mengalami crash

String ini hadir dalam bentuk emoji bendera Italia dan karakter dalam bahasa Sindhi. Ketika sebuah iPhone, iPad, iMac  atau Apple Watch menerima pesan teks ini, seketika itu juga perangkat tersebut menjadi lemah. Beberapa dilaporkan mengalami crash, sementara yang lainnya mendapati perangkat mereka menjadi tidak responsif. 

 

sampai saat ini belum diketahui bagaimana pesan itu dapat muncul dan beredar. Namun sumbernya diindikasi ada di grup Telegram. Saat ini keberadaan string tersebut dengan cepat menjadi viral di Twitter dan platform media sosial lainnya. Secara teori, strings ini dapat menyebar melalui berbagai aplikasi, misalnya Twitter, Messages dan sejumlah aplikasi lain nya. 

Masalah ini sebenarnya sudah dapat diselesaikan di iOS 13.4.5 beta. Sayangnya update tersebut belum tersedia bagi seluruh pengguna iOS. Kemungkinan besar Apple akan meluncurkan iOS 13.4.2 atau bahkan iOS 13.4.5 untuk mengatasi masalah bug ini.

Sampai update itu tiba, pengguna iOS disarankan untuk menonaktifkan notifikasi di perangkat mereka. Masalah ini juga bisa diatasi dengan memuat ulang perangkat yang menerima strings itu. Namun jika harus dilakukan berkali-kali hal ini akan cukup merepotkan.

Ini bukan pertama kalinya iOS mendapat masalah seperti ini. Tahun 2015 lalu pun pernah terjadi hal yang sama. Kala itu, strings effective power” menyebar dan menjadi viral. Dengan mengirimkan strings ini ke pengguna iPhone akan menyebabkan iPhone tersebut dapat menyebabkan aplikasi pesan menjadi eror dan bahkan seluruh iOS akan mengalami crash

Tiga tahun berselang, hal sama juga kembali terulang. Waktu itu cara mengatasinya adalah dengan menghapus karakter berisi strings tersebut dari perangkat lain. Kabarnya strings tersebut bisa terus-terusan menyebabkan crash pada iOS jika belum dihapus. 

Youtube New Post