Perbedaan WHM dan cPanel Sebagai Alat Pengelola Web Hosting

  Bartes Dwiky
  2020-04-17 16:51:17 WIB
 Online : 2

cPanel merupakan panel untuk mengontrol pengelolaan web yang ada di internet. Sistem hosting yang digunakan berbasis Linux ini membantu mengontrol tugas administratif dari hosting itu sendiri, yakni mengatur kata sandi, mengelola domain, sub domain, email, dan lain sebagainya. Dengan adanya kontrol panel ini, maka anda akan bisa melakukan tugas pengelolaan domain dengan lebih baik.

 

MANFAAT MENGGUNAKAN CPANEL

Banyak manfaat yang akan bisa anda rasakan setelah memakai cPanel ini, antara lain mengatur file lebih mudah. Selain itu, tampilan GUI atau Graphic User Interface yang lebih simpel juga akan membantu admin untuk menglola sistem yang ada pada server. Anda pun tak perlu lagi memakai website builder untuk membangun sebuah website. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa cPanel adalah perangkat yang sangar user friendly. Artinya perangkat ini mudah digunakan dan dipahami oleh penggunanya. Kemudahan yang bisa anda dapatkan antara lain sebagai berikut:

  • Menambah Domain Dengan Mudah
  • Memudahkan Kontrol Akun FTP
  • Menyediakan Data Analytic Yang Akurat
  • Memudahkan Update CMS
  • Menjaga Keamanan Data

 

PENGERTIAN WHM

WHM adalah kepanjangan dari Web Host Manager. Dengan alat yang satu ini, anda akan berperan sebagai user admin cPanel itu sendiri. Dengan kata lain cPanel adalah bawahan dari WHM. Jadi jelas kalau penggunaan alat pengelola web hosting ini akan memudahkan siapa saja mengelola lebih banyak file yanga ada didalamnyaa. Bahkan jika penggunanya cukup cerdas, maka WHM ini bisa dikelola sedemikian rupa untuk menciptakan banyak cPanel yang telah dimodifikasi. Pengguna WHM akan bisa melakukan penambahan (upgrade) ataupun pengurangan (downgrade) terhadap akun dengan mudah. User WHM juga akan dengan mudah memantau penggunaan bandwidth agar selalu berada pada batas yang wajar atau normal.

 

MANFAAT MENGGUNAKAN WHM

Alat pengelola web hosting ini bisa memudahkan para pengguna untuk mengakses semua domain yang menggunakan DNS Zone. Dengan kata lain, WHM memegang kendali penuh atas akun cPanel yang ada pada domain. Mereka memiliki otoritas untuk melakukan suspend (penangguhan), penghapusan, atau menciptakan cPanel yang terbaru. Tidak hanya kemampuan tersebut, WHM juga bisa memberikan izin kepada pengguna cPanel untuk mengubah nama domain, username, dan lain sebagainya. Artinya, WHM sangat berperan penting untuk pengguna yang memakai Dedicated Server ataupun Virtual Private Server. Berikut adalah kemudahan yang akan bisa anda dapatkan dengan memakai WHM ini.

  • Mengelola Sertifikat SSL Kapan Saja: Kemudahan yang bisa anda dapatkan dari alat pengelola web hosting ini adalah melakukan penginstalan dan pengelolaan terhadap sertifikat SSL dengan lebih mudah. Hal ini tentu sangat berperan signifikan sebagai proses pembangunan web atau domain itu sendiri.
  • Mendapatkan Akses Ke Semua Akun: Adanya izin untuk mengakses ke semua akun membuat WHM sangat krusial fungsinya. Anda bisa mengubah kepemilikan akun tersebut apabila ingin dijual atau ingin dihapus kapan saja. Hal ini juga akan membantu pengguna untuk melakukan penugasan atau whitelisting terhadap alamat IP yang tersedia.
  • Memantau Server Kapan Saja: Selain berguna untuk memantau, WHM juga penting untuk menganalisa sumber daya yang ada di server. Dengan adanya perangkat ini, anda akan bisa melakukan perencanaan yang lebih matang terhadap web-web atau domain yang tersebar dalam cPanel. Selain itu, anda juga bisa memberikan update, upgrade, dan newslatter kepada para klien sesuai kesepakatan yang dibuat melalui WHM.

  • Lebih Hemat Waktu: WHM bisa menjadi alat pengelola web hosting yang fleksibel dengan sifat user admin yang dimilikinya. Anda akan bisa menghemat waktu ketika ingin melakukan pembenahan terkait administrative server.

 

KESIMPULAN PERBEDAAN WHM DAN CPANEL

Alat pengelola web hosting WHM dan cPanel memiliki perannya masing-masing. Keduanya bisa menjadi kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya WHM sendiri bisa mengelola banyak cPanel. Sementara cPanel tidak bisa berdiri sendiri dan harus dikontrol oleh WHM yang ada diatasnya. Dengan kata lain WHM adalah sebuah panel kontrol yang penting bagi reseller. Merekalah yang akan menggerakannya untuk mengelola semua anggota yang terdaftar dalam akun hosting yang dimiliki. Dalam hal akses, alat pengelola web hosting WHM menyediakan root level access.

Inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pengguna. Perbedaan mencolok juga bisa dilihat dari port WHM dan cPanel. Jika cPanel memakai port 2083, maka WHM memakai port dengan nomor 2087. Keduanya sama-sama merupakan port dengan nomor yang aman. Terkait penggantian password, WHM bisa mengubah password yang ada di cPanel. Sementara, cPanel tidak bisa mengganti password yang ada di WHM. Tapi cPanel bisa mengganti passwordnya sendiri sesuai keinginan pengguna.

Youtube New Post