Pengertian Jaringan Wireless LAN - WI-FI

  Bartes Dwiky
  2020-04-09 19:41:25 WIB
 Online : 1

Dari arti katanya, wireless berarti tanpa kabel. Sehingga jaringan wireless bisa diartikan sebagai sebuah jaringan yang tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya.

Pertanyaan selanjutnya adalah lantas menggunakan media apa donk sebagai pengganti kabel ini..?. Nah, sebagai pengganti kabel ini temen-temen pasti masih ingat istilah IrDa (Infrared Data Association) yang bisa menghubungkan 2 buah device dengan menggunakan signal infrared ataupun teknologi Bluetooth yang mampu menghubungkan device sejauh 10 meter meskipun terhalang dinding, dan yang akan kita bahas yaitu teknologi Wi-Fi.

Kalo IrDa dan Buletooth merupakan teknologi yang digolongkan dalam jaringan PAN (Personal Area Network) maka Wi-Fi merupakan teknologi yang dapat menggantikan kabel UTP yang biasa kita gunakan untuk membentuk sebuah jaringan LAN (Local Area Network) sehingga dengan Wi-Fi ini kita bisa membuat sebuah jaringan lokal tanpa kabel atau biasa disebut sebagai Wireless LAN.

DEFINISI DAN PENGERTIAN WI-FI

Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity merupakan teknologi wireless yang populer untuk saling menghubungkan antar komputer, PDA, laptop dan perangkat lainnya, menghubungkan komputer dan device lain ke internet (misalnya di Café kita sering melihat tulisan Wi-Fi Hotspot) atau ke jaringan kabel (ethernet) LAN.

Wi-Fi merupakan sebuah wireless LAN brand dan trademark dari Wi-Fi Alliance yang beralamat di www.wi-fi.org, sebuah asosiasi yang beranggotakan Cisco, Microsoft, Apple, Dell dan masih banyak lagi yang lainnnya. Organisasi Wi-Fi ini bertugas untuk memastikan semua peralatan yang mempunyai label Wi-Fi bisa bekerja sama dengan baik.

Youtube New Post