Memahami Pengertian Dasar Pada Program PHP #1

  Bartes Dwiky
  2020-04-10 22:46:48 WIB
 Online : 1

Jadi program PHP ini adalah proses request dari yang kita inputkan melalui form HTML, Contohnya misal untuk membuat formulir pendaftaran, membuat form login dan masih banyak hal lain yang bisa digunakan pada program PHP.

Jadi PHP ini setahu saya ada dua jenis, yaitu PHP pada website dan PHP pada CLI/terminal.

Semua proses sama saja dari kedua versi tersebut, hanya ada beberapa variabel yang berbeda, seperti form input/output, atau proses lainnya.

PHP merupakan pemograman yang cukup sulit bagi pemula, karena beberapa syntax atau variabel itu sangatlah banyak, lebih sulit bagi kita untuk mengigatkan variabel itu satu persatu, jadi saran saya untuk belajar pemogramman PHP, harap pelajari hal yang diperlukan dulu
Contoh :

MEMAHAMI INPUT DAN OUTPUT

Input output ini sangat berguna sekali dalam proses pengambilan data dan menampilkan data,
Kita ketahui dulu input itu apa, Input adalah suatu proses pengiriman, sedangkan Output adalah proses menampilkan data yang didapatkan dari proses input maupun proses yang sudah dibuat (tanpa input).


Kenapa saya lebih mengutamakan input output ke dasar PHP? Karena proses PHP tidak berguna jika ingin menampilkan data tanpa input / output.. Jadi anggap saja percuma buat sebuah proses pengiriman tanpa ada yang ditampilkan atau disimpan.

KONSEP DASAR PADA PHP

Request halaman web (web.php) oleh browser atau client mengawali proses eksekusi PHP. Alamat situs (dalam format URL, Uniform Resource Locator) menujukkan lokasi web server. Dari situ browser bisa meminta ke web server tujuan identifikasi halaman situs web dan elemen lain yang dibutuhkan.


Kode PHP bisa disatukan dengan kode HTML. Kode ini juga bisa dikombinasikan dengan berbagai sistem template web, CMS atau web frameworks. Kode PHP nantinya akan dijalankan oleh PHP interpreter dalam bentuk modul dalam server web. Bahasa PHP berkembang tanpa format standar hingga tahun 2014. Sejak itu muncul spesifikasi standar yang dikembangkan bersama.


FITUR PHP

PHP menjadi bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan didunia karena open source (gratis) dan sangat sederhana. Fitur-fitur PHP diantaranya adalah:

Open Source
Open source berarti tidak perlu membayar untuk penggunaannya. Kita dapat bebas menggunakannya secara gratis.

Sederhana

PHP sederhana dan mudah digunakan, dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Karena alasan inilah PHP banyak digunakan di seluruh dunia.

Interpreted

PHP adalah bahasa yang bersifat interpreted, sehingga tidak membutuhkan proses compile.

Cepat

PHP lebih cepat dari bahasa pemrograman lainnya, misal ASP.

Platform Independent

PHP dapat berjalan di semua platform seperti Linux, Unix, Mac OS X, dan Windows.


Ini baru pemahaman dasar ya.. Bukan pemahaman kode dasarnya, nanti saya akan buat di next artikel

Youtube New Post