Inilah Perbedaan Antara Addon Domain Dan Park Domain

  Bartes Dwiky
  2020-04-13 11:40:54 WIB
 Online : 1

Adanya addon domain biasanya akan menambahkan website lain yang berbeda dari domain utama. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk menghemat biaya dikarenakan tidak perlu membeli hosting lagi untuk menambahkan website baru. Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda harus memastikan bahwa domain Anda sudah aktif. Pada saat domain tambahan dibuat, maka secara otomatis subdomain dari domain utama Anda juga akan dibuat. Misalnya, domain utama Anda adalah websaya.com dan domain tambahan Anda adalah webtambahan.com, maka saat pembuatan websaya.com, akan ada subdomain dengan nama webtambahan.websaya.com. Begitulah pengertian mudahnya.

 

Addon domain seperti namanya yaitu “domain tambahan” mempunyai fungsi yang berbeda dengan parked domain di mana domain tambahan yang anda masukan akan berfungsi layaknya website baru dan berbeda dari website utama yang berada pada account hosting anda. Addon domain ini sangat bermanfaat apabila anda ingin mengaktifkan beberapa situs pada satu account hosting. Website yang dihosting sebagai addon domain juga akan sharing resources storage dengan website utama yang dihosting di account yang sama.

 

Lain lagi dengan yang namanya Parked domain. Park domain digunakan untuk menyimpan lebih dari satu nama domain di website yang sama. Dengan kata lain, Parked Domain akan menampilkan konten yang sama (website) sebagai domain utama akun hosting. Selain itu, Parked Domain pun dapat digunakan untuk membuat akun email. Oleh karena itu, Parked Domain merupakan salah satu solusi terbaik jika ingin menggunakan Domain hanya untuk Email.

 

APA PERBEDAAN ANTARA ADDON DOMAIN DAN PARK DOMAIN? 

Jika diperhatikan, addon domain dan park domain memang berbeda. Add On Domain adalah domain tambahan yang bisa Anda tambahkan ke main domain dari suatu paket hosting tertentu. Domain jenis ini bukan diperuntukkan untuk kepentingan redirect karena bisa dikembangkan menjadi menjadi sebuah website independen, yaitu dengan menggunakan sumberdaya paket hosting yang sama.

 

Sebagai contoh, misalnya Anda memiliki dua buah website jualan yang berbeda, seperti: tokobaju.com dan tokomainan.com. Untuk menghemat biaya hosting, Anda bisa taruh dua website tersebut di satu account hosting yang sama.Nantinya, website yang dihosting sebagai addon domain akan sharing resources storage dengan website utama yang di-hosting di account yang sama.

 

Sedangkan Parked domain adalah domain tambahan yang bisa Anda tambahkan ke main domain dari suatu paket hosting tertentu. Domain jenis ini hanya digunakan sebagai alias (nama lain, atau redirect) dari main domain yang bersangkutan. Sebagai contoh, misalnya Anda memiliki beberapa domain: tokobaju.com, tokobaju.net, dan tokobaju.biz. Tokobaju.com adalah domain utama dari website Anda dan Anda ingin menambahkan tokobaju.net dan tokobaju.biz agar ketika seseorang mengetikan salah satu dari tokobaju.com, tokobaju.net atau tokobaju.biz mereka akan masuk ke halaman yang sama pada website Anda.

 

FUNGSI ADDON DOMAIN

Addon Domain merupakan domain yang ditambahkan pada hosting yang sebelumnya sudah ada domain yang terpasang. Jadi addon domain merupakan domain kedua, ketiga, dan seterusnya. Lalu, apa saja fungsi addon domain?

 

Berikut fungsi addon domain yang harus Anda tahu

  • Ketika Anda membuat Addon Domain maka beberapa akun seperti File Transfer Protocol (FTP) akan dibuat secara otomatis sehingga Anda tidak perlu membuatnya sendiri.
  • Anda Tidak perlu membeli hosting baru untuk membuat website pada domain baru.
  • Dilengkapi dengan folder baru pada public_html yang dibuat khusus untuk meletakkan file Addon Domain website, sehingga terpisah dengan domain utama.

Fungsi utama dari addon domain adalah menambahkan domain baru ke hosting yang sudah ada domain sebelumnya, maka resource yang ada juga dibagi menjadi dua. Semua resource seperti disk space, bandwidth, dan lain sebagainya dibagi menjadi dua.Akan tetapi meski dibagi menjadi dua, namun cPanel hanya tetap ada satu, jadi Addon domain tidak mempunyai akses ke cPanel. Akses cPanel hanya bisa dilakukan menggunakan akun domain utama.

Addon Domain juga merupakan domain baru yang ditambahkan pada hosting dan mempunyai Uniform Resource Locator (URL) yang berbeda dengan domain utama sehingga URL yang digunakan masih mengandung domain utama.

 

Secara fitur Addon domain mempunyai fungsi yang sama seperti domain utama. Hanya saja terdapat beberapa batasan yang tidak bisa dilakukan oleh Addon domain. Salah satunya adalah tidak mempunyai cPanel sendiri.

 

KEUNGGULAN MEMAKAI ADDON DOMAIN

Addon domain memiliki keunggulan sebagai berikut,

 

1.Anda tidak perlu membuat akun hosting baru

 

Salah satu keuntungan menarik yang bisa dimilikki adalah Anda tidak perlu sulit untuk membuat hosting baru saat menggunakan add on. Tentu hal ini sangat memudahkan, karena pembuatan account hosting baru membutuhkan waktu panjang dan dana lebih.

 

2.Dapat menggunakan resource yang sama

 

Jika Anda menggunakan layanan addon, maka Anda dapat menggunakan resource yang sama. Nantinya untuk urusan space, bandwith dan yang lainnya akan sama seperti website utama.

 

3.Dilengkapi dengan fitur yang dibuat secara otomatis

 

add on memiliki fitur-fitur menarik yang siap digunakan. Diantaranya, FTP Manager, Cgi-bin, website statistic dan fitur lainnya. Menariknya, semua fitur yang diberikan ini akan terpasang secara otomatis. 

 

4.Bisa diakses menggunakan beberapa alamat

 

Menggunakan addon tentunya akan membantu Anda untuk mengaksesnya dari mana saja. Hal ini tentu memudahkan pemilik website yang memiliki target penjualan dan pengunjung di setiap bulannya. 

 

FUNGSI PARK DOMAIN

Di sini park domain juga memiliki beberapa fungsi yang harus diketahui. Biasanya park domain, digunakan untuk menyimpan lebih dari satu nama domain di website yang sama. Dengan kata lain, park domain akan menampilkan konten yang sama pada website sebagai domain utama akun hosting. Selain itu, park domain pun dapat digunakan untuk membuat akun email. Oleh karena itu, park domain merupakan salah satu solusi terbaik jika ingin menggunakan domain hanya untuk Email.

 

KEUNGGULAN MEMAKAI PARK DOMAIN

Dengan memakai park domain, maka Anda tidak perlu hosting. Jika domain digunakan sebelumnya, maka mungkin ada banyak tautan yang menunjuk ke domain ini. Ini berarti bahwa beberapa pengguna akan mengikuti tautan dan alih-alih mendapatkan kesalahan “Halaman tidak ditemukan” mereka akan mendarat di halaman dengan beberapa iklan yang terkait dengan nama domain.

 

Apabila Anda memiliki beberapa domain menarik yang melewati lalu lintas, lalu membuat situs web sederhana dengan beberapa konten bermanfaat, maka pilihannya akan jauh lebih baik. Tidak hanya situs web yang akan diindeks di mesin pencari. Pengguna yang mengunjungi domain ini akan mendapatkan beberapa konten yang bermanfaat dan tidak akan segera meninggalkan situs. Anda masih memiliki kemungkinan untuk menempatkan beberapa iklan di situs web pribadi Anda.

 

Itulah perbedaan antara addon dan park domain.

Youtube New Post